Page Nav

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News:

latest

Tingkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tanpa Plagiarism

IAIN Parepare--- Program studi Ekonomi Syariah jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN Parepare) melaksanakan w...

IAIN Parepare--- Program studi Ekonomi Syariah jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN Parepare) melaksanakan workshop metode penelitian kualitatif dan penelitian kuatitatif di Aula IAIN Parepare, Rabu (19/12).

Hadir narasumber metode penelitian kuantitatif Dr. Hj. Sri Undai Nurbayani, M. Si (Dosen Fakultas Ekonomi UNHAS Makassar), narasumber metode penelitian kualitatif Dr. Fikri, M.HI (Dosen IAIN Parepare), narasumber praktikum metode kualitatif dan kuantitatif yaitu pedoman wawancara dantabulasi data Abd. Hamid, SE., MM (Dosen IAIN Parepare), dan narasumber praktikum statistik (SPSS) Syahriyah Semaun, SE., MM (Dosen IAIN Parepare).

[caption id="attachment_9358" align="alignnone" width="300"] Foto mulai sisi kiri: Syahriyah Semaun, SE., MM, Dr. Hj. Sri Undai Nurbayani, M. Si, Dr. Zainal Said, MH, dan Dr. Fikri, M.HI.[/caption]

Syahriyah Semaun yang juga selaku Ketua penanggungjawab Prodi Ekonomi Syariah mengungkapkan workshop ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kualitas mahasiswa khususnya di Prodi Ekonomi Syariah dalam penulisan karya ilmiah.

Dengan mengusung tema  peningkatan kualitas karya ilmiah dalam mempertahankan originalitas, kegiatan ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari semester tiga, lima dan tujuh.

“Tidak menutup kemungkinan, materi ini penting untuk semester 3  karena sekarang mereka juga mengikuti mata kuliah statistik dan semester 5 sudah selesai tahapan statistik dua jadi yang lebih mendalami semester 7 yang sedang proposal,” ucapnya.



Kegiatan berlangsung sehari ini, dirasa sangat penting dilakukan menurut Dr. Fikri selaku sekretaris Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam. Hal ini dikarenakan pentinya mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah tanpa plagiarism.

“Bagaimana anak-anakku itu bisa menghasilkan karya ilmiah yang baik, terbebas dari plagiarism. Ini hal terpenting yang harus diperhatikan, kenapa? Karena mulai saat ini semester 3, 5 dan 7 dibekali pengetahuan tentang bagaimana menulis dengan baik menghasilkan suatu karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan dan sekaligus menghasilkan suatu keilmuan yang bisa dinikmati siapa saja yang membacanya,” jelas Fikri saat member sambutan.

Tanggapan senada juga disampaikan oleh Dr. Zainal Said, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) IAIN Parepare.

“Kegiatan ini menurut saya sangat penting dan saya berharap adik-adik mahasiswa bisa mengikuti secara saksama. Semester 3 ini, harusnya memahami lebih awal supaya kekeliruan-kekeliruan dalam menulis itu bisa diminimalisir,” tanggapnya sebelum membuka kegiatan mewakili Rektor IAIN Parepare.

Tidak ada komentar