Page Nav

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News:

latest

Alih Status Jadikan sebagai Hijrah bagi PTKI

IAIN Parepare --- Pada pembukaan Annual International Conference on Islamic Studies ke 18 Menteri agama juga menyampaikan kepada seluruh pim...

IAIN Parepare--- Pada pembukaan Annual International Conference on Islamic Studies ke 18 Menteri agama juga menyampaikan kepada seluruh pimpinan PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) bahwa dalam konteks kementerian agama seperti yang diketahui dalam beberapa tahun terakhir sejumlah PTKI mengalami penguatan penguatan struktural yang cukup signifikan dimana Sekolah Tinggi menjadi Institut dan sejumlah Institut menjadi Universitas (18/09).



"Saya sangat sering tegaskan pada pimpinan kampus bahwa transformasi tersebut hendaknya tidak semata dipahami sebagai peningkatan penambahan anggaran atau penambahan jumlah program studi belaka namun lebih dari itu adalah hijrah. Yang ingin saya tegaskan bahwa dalam memanfaatkan momentum tahun baru Hijriah ini alih status dari Sekolah Tinggi menjadi Institut dan sejumlah Institut menjadi Universitas hakikatnya adalah hijrah," jelas Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin.



Lebih lanjut Menteri Agama menjelaskan hijrah perguruan tinggi Islam dari penekanan awal sebagai lembaga dakwah ilmu-ilmu agama menjadi Institut yang memiliki tradisi riset.

"Kampus yang mampu mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman dengan sains dan teknologi serta rumah yang nyaman bagi dosen dan peneliti untuk menghasilkan temuan-temuan berkualitas yang dapat memberikan kontribusi bagi pengetahuan dan keilmuan global", tambahnya.

"Kita perlu tunjukkan bahwa buku kita juga bisa diterbitkan oleh penerbit-penerbit dari luar negeri dan artikel yang kita tulis tidak hanya tersimpan di rak pribadi melainkan bisa terbit juga di jurnal-jurnal nasional dan internasional"


-Lukman Hakim Saifuddin-


Menteri Agama Republik Indonesia



 

Penulis: Nining Artianasari

 

Tidak ada komentar